Sabtu, 03 Desember 2011

Tugas OSK 4

Permasalahan dan Penanganannya

RAM Tidak Terdeteksi Dengan Sempurna

Kadang kita menemui kejadian yang janggal seperti ini,semisal pada waktu kita memasang RAM kapasitas memory 1 GB,tetapi hanya ternyata yang terdeteksi olehwindows hanya sebesar 992 MB.
memory junk RAM tidak terdeteksi dengan sempurna
Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab tidak terdeteksinya RAM dengan sempurna oleh windows.Berikut diantaranya :
  • Terjadinya kerusakan secara fisik pada RAM.Untuk mengatasinya,kamu harus memeriksa kondisi fisik RAM tersebut.Buka casing komputer,lalu cabut RAM tersebut.Bersihkan apabila RAM dan socketnya kotor,periksa juga apakah ada karat.
  • Penggunaan VGA card on board.Misalnya kamu memiliki RAM 32 Mb dan VGA card 2 Mb,maka RAM yang dapat digunakan hanya sebesar 30 Mb (32 Mb – 2 Mb).Jadi sebaiknya jangan memakai VGA card on board.
  • Kesalahan pada CMOS setting.Pada beberapa komputer terdapat feature Memory Hole at 16 Mb atau Hold to 15 Mb RAM.Jika feature tersebut di enable maka jika Anda memiliki RAM yang lebih besar dari 15 Mb atau 16 Mb,Windows tetap akan mendeteksi sebesar 15 Mb atau 16 Mb.Untuk mengatasi hal ini,silakan di disable feature tersebut.
  • Teknologi OS 32 bit.OS atau Operating System yang menggunakan teknologi 32 bit khususnya Windows XP mempunyai batasan maksimum RAM yang dapat ditangani; yaitu tidak lebih dari 4 GB.Namun ternyata seringkali OS 32 bit tidak dapat membaca dengan benar RAM yang terpasang sejumlah 4 GB.Biasanya akan terbaca kurang dari 3,2 GB.Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan menggunakan OS yang sudah menggunakan teknologi 64 bit.
  • Kesalahan pembacaan.Pada beberapa kasus,kesalahan pembacaan pada BIOS juga terjadi.Ini karena kesalahan program BIOS yang tertancap pada motherboard.Hal ini biasanya terjadi pada motherboard baru dan versiawal.Untuk mengatasinya,tak ada cara lain selain melakukan update BIOS dengan versi yang terbaru.
  • Kesalahan Produksi.Kesalahan produksi juga tak bisa dikesampingkan.Produsen RAM juga mengakui kesalahan semacam ini.Bila masalahnya karena kesalahan produksi,pembeli dapat meminta penukaran selama masih dalam masa garansi.
tambahan materi....

Pada Komputer Bisa Di ketahui Dari Visual Dan Auidio (Gambar Dan Suara (Beep) ) Dibawah Ini Berbagai Jenis Dan Tipenya Kesalahan Yang terangkum Pada Artikel Kali Ini. :
- Pada Ami BIOS
1. Bunyi BEEP hanya sekali sahaja. Kemungkinan Kesalahan Pada RAM / Memory. kemungkinan pemasangan Memory tidak Pas, Memory Rusak, Memory Tidak Suport. Cara mengatasinya Coba Bersihkan Slot Memory Dengan Kuas atau Penyedot Debu Mini, GantiMemory PC Lain / Sekalian Ganti Memory.
2. BEEP sebanyak enam kali
Kemungkinan keyboard / papan kekunci anda sudah rusak atau tidak dipasangkan dengan betul pada p/s2 port atau USB port.
3. BEEP sebanyak Delapan kali
Kemungkinan VGA card atau pun graphic card ada masalah atau pun tidak dipasang dengan betul. Cara Mengatasinya Coba Bersihkan Slot VGA-nya terlebih Dahulu jika Menggunakan VGA External(non Onboard).
4. BEEP sebanyak 11 kali
Checksum Error yaitu melibatkan bateri CMOS anda pada motherboard. Anda boleh menukar bateri CMOS yang baru jika mengalami masalah ini.
:: Award BIOS
1. Bunyi BEEP yang panjang Kemungkinan Kesalahan Pada RAM / Memory. kemungkinan pemasangan Memory tidak Pas, Memory Rusak, Memory Tidak Suport. Cara mengatasinya Coba Bersihkan Slot Memory Dengan Kuas atau Penyedot Debu Mini, GantiMemory PC Lain / Sekalian Ganti Memory.
2. 1 BEEP panjang dan 2 BEEP pendek
VGA card atau graphic card ada masalah atau tidak dipasang dengan betul.
3. 1 BEEP panjang, 3 BEEP pendek
Kemungkinan keyboard bermasalah atau tidak dipasang dengan betul pada p/s2 port atau USB port.
4. Bunyi BEEP yang berpanjangan (contiuouns BEEP)
RAM atau VGA card anda tidak dipasang dengan betul.
:: Pheonix BIOS
1. 1 BEEP, 1 BEEP dan 4 BEEP
Disebabkan BIOS anda tidak berfungsi. Boleh update atau flash BIOS.
2. 1 BEEP, 2 BEEP dan 1 BEEP
Disebabkan motherboard yang sudah rusak.
3. 1 BEEP, 3 BEEP dan 1 BEEP
RAM mungkin bermasalah atau tidak dipasang dengan betul.
4. 3 BEEP, 1 BEEP dan 1 BEEP
Adalah disebabkan masalah motherboard computer.
5. 3 BEEP, 3 BEEP dan 4 BEEP
VGA card atau graphic anda bermasalah atau tidak dipasang dengan betul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar